Bima - DinamikaMbojo, Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2021, di gelar di Pantai Lariti, Kecamatan Lambu, Kamis 8 April 2021, pagi. Di hadiri Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan HM Noer dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Hj Rostianti H Dahlan, juga sebagai Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan).

Wakil Bupati mengatakan kegiatan Gemarikan ini penting dikembangkan, karena dapat meningkatkan kecerdasan. Terutama, melalui berbagai kegiatan promosi, safari makan ikan, pemberian makanan tambahan berbahan baku ikan pada anak sekolah. Serta lomba bakar ikan atau masak serba ikan.

‘’Saya harap Gemarikan ini dapat dikembangkan. Karena banyak daerah dengan tingkat konsumsi ikan masih rendah. Mengakibatkan terjadinya kasus gizi buruk (Stunting),’’ujar Wabup.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI, Erwin Dwiyana, dalam laporannya mengatakan, bahwa kekurangan gizi pada anak harus segera ditangani.

Salah satu penyebanya ialah beberapa daerah masih ada yang kurang mengkonsumsi ikan. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah serta lembaga swasta lainnya, harus terus mengkampanyekan dan memasyarakatkan makan ikan, serta pangan bergizi untuk pencegahan terjadinya stunting.

Sementara itu, anggota DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST, MT,  mengatakan kegiatan Gemarikan tersebut secara tidak langsung diperuntukan bagi anak-anak usia dini.

Selain mengkampanyekan kesehatan, untuk orang banyak dengan mengkonsumsi ikan. Termasuk bagi para orang tua, harus memprioritaskan anaknya mengkonsumsi ikan.

Pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan paket Gemarikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bima dan Dirjen kepada perwakilan masyarakat.

Kegiatan Gemarikan ini, kerja sama anggota DPR-RI H. Syafrudin, ST.,MT dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB. Dihadiri Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI, Erwin Dwiyana, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Camat Lambu, Camat Sape, Kaplosek Lambu, Kapolsek Sape, Danramil Lambu, Danramil Sape, Kepala UPT Kelautan dan Perikanan Kecamatan Lambu, dan Kepala UPT Kelautan dan Perikanan Kecamatan Sape. (DM ProKom)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: