Bima - DinamikaMbojo, Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat desa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima digelar, kegiatan yang adakan di halaman Masjid Baitussyuhada desa Dena, Minggu malam (25/4/2021).

Pembukaan kegiatan MTQ tersebut turut dihadiri Camat Madapangga, Kapolsek Madapangga, Jajaran anggota TNI Koramil 1608/02 Bolo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, BPD Desa Dena beserta Warga Masyarakat.

Kepala Desa Dena Abdul Haris. HMS q menyampaikan bahwa kegiatan di tahun 2021 ini mengingat program kegiatan pemerintah yang wajib di adakan Pemerintah Desa menganggarkan anggaran sejumlah 23 Juta dan berdasarkan surat edaran tentang jadwal kegiatan MTQ tingkat desa kami selenggarakan melalui panitia pada hari minggu 25 april 2021,"Ujar Kades Dena.

Selain dari itu, Menurut Kades Dena dari segi pandanganya bahwa kegiatan MTQ ini salah satu bagian program kegiatan pemerintah untuk syiar islam yang tidak henti-hentinya mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam yang merupakan kegiatan program dianggarkan pemerintah dalam menyelenggarakan MTQ bertujuan agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al Qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini serta mendorong terwujudnya generasi yang Qurani.

Salain itu tujuan lain dari MTQ adalah sebagai wahana silaturahim dan sebagai semangat bagi orang tua anak anak untuk mendorong anaknya minat baca terhadap Al Qur’an, sehinga kedepan untuk generasi, khususnya di desa dena akan memahami isi kandungan Al Qur’an secara mendalam, sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial, Demikian menurut Kades Dena pada Media ini. 

"Untuk menghindari terjadinya bagi generasi yang buta akan Qur'an, Maka dari itu kami selaku pemerintah Desa Dena menghimbau kepada seluruh lapisan orang tua anak agar menyuruh dan mengantarkan anaknya ke tempat TPQ (Guru Ngaji) untuk belajar ngaji."

Sementara itu pun Muhammad saleh Camat Madapangga saat kesempatan membuka kegiatan MTQ tersebut mengajak dan mendorong kepada pemerintah desa setempat guna mewujudkan bagian dari program "Bima Ramah Jilid Dua" membuat peraturan desa tentang Magrib mengaji (Perdes) guna menciptakan generasi Qurani, dan menghimbau dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ini, tetap mematuhi protokol Covid-19 jaga jarak dan pakai Masker. (DM.004).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: