Kota Bima-DinamikaMbojo, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Rasanae Barat, Kamis (01/04/21) bertempat di Aula Kantor Kecamatan setempat. Musrenbang dibuka oleh kepala Bappeda dan Litbang Drs. H. Fakhrunraji, juga hadiri Sekertaris Bappeda, Dinas PUPR, Lurah SE Kecamatan Rasanae Barat, ketua-ketua RT/RW, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, LPM dan Karang Taruna.

Camat Rasanae Barat, Melalui Pelaksana Tugas (Plh) Basuki Widodo, SH mengatakan, musrenbang tingkat Kelurahan sudah kita laksanakan dan sudah tersusun secara proritas, usulan tersebut kita bahas kembali pada musrenbang tingkat Kecamatan. 

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan sebagai bahan masukkan dalam penyusunan rancangan rencana kerja SKPD, untuk menjadi rencana kegiatan yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bima tahun 2022. Jelasnya.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Bima, H. Fakhrunraji mengatakan, Kecamatan Rasanae Barat memiliki Enam (6) Kelurahan, berarti hanya 30 program Skala prioritas yang dapat diusulkan. Dari masing-masing Kelurahan hanya mengusulkan 5 program skala prioritas. Program skala prioritas dari Kelurahan yang masuk di Kecamatan hanya 30 program.

Lanjutnya, 30 program skala prioritas tersebut dibagi dalam 4 bidang diantaranya, 5 program di bidang Infrastruktur, 5 Program sarana dan prasarana, 5 Bidang Sosial dan 5 program di bidang Ekonomi. 

Nanti usulan tersebut pada hari Sabtu akan di verifikasi oleh masing-masing OPD. Terus nanti untuk tingkat Kecamatan hanya mengusulkan 15 program yang nanti akan diajukan melalui Musrenbang tingkat Kota Bima. Jelasnya.

Berharap pada Kelurahan Tanjung, Dara dan Paruga agar usulannya program skala priortas yang paling utama yaitu Air Bersih, karena ini juga keinginan pemerintah Kota Bima agar pada tahun 2022 sudah tidak ada lagi persoalan kelangkaan Air Bersih. Harapnya

Kata H. Fakhrunraji, Musrenbang Tingkat Kota Bima akan dilaksanakan Pada tanggal 4 April 2021, semoga apa yang menjadi program skala prioritas yang diusulkan masing-masing Kelurahan semuanya dapat terealisasikan.

Adapun sejumlah program skala prioritas dari usulan masing-masing Kelurahan diantaranya, Bidang Infrastruktur Dari Kelurahan Paruga, Bedah Rumah 75 Unit, pembangunan drainase 1500 Meter, Gapura sebanyak 3 titik dan pengaspalan jalan lingkungan 1000 Meter. Kelurahan Dara, Air Bersih, Bor Dalam sekaligus Perpipaan, Talud Penahan Banjir Gunung, Rabatnisasi dan Pembangunan Kantor Kelurahan.

Kelurahan Na'e, Normalisasi Drainase, bedah rumah 10 Unit, Pembangunan Gapura dan MCK. Kelurahan Pane bedah rumah 30 Unit, Gapura 3 titik, Aspal Jalan Lingkungan dan Pembangunan Kantor Lurah. Kelurahan Sarae, Normalisasi 
Kali Romo, Perbaikan Drainse, Bedah Rumah 70 Unit, Air Bersih dan Pemagaran kuburan. Kelurahan Tanjung Normalisasi Kali Romo, Air Bersih dan Perbaiki Drainase.

Selain itu ada juga program di bidang, Sarana prasarana, bidang Ekonomi dan bidang Pemsos yang menjadi usulan skala prioritas dimasing-masing Kelurahan. (DM.Red).


Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: