Kota Bima - DinamikaMbojo, Akademisi Muda Arrijal S, SE, MM warga Ranggo Kelurahan naE Kecamatan RasanaE Barat Kota Bima mengapresiasi kinerja Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang menyeimbangkan antara pembangunan infrasturktur publik dengan infrastruktur Ke Agamaan seperti Masjid dan Musholla.

“Luar biasanya Walikota Bima H. Lutfi selalu tanggap dalam meng atensi sejumlah kehendak arus bawah lebih-lebih atensi nya urusan infrastruktur dan Masjid-Masjid yang ada di Kota Bima” Ungkap Arrijal.

Arrijal yang juga Magister sebagai Akademisi di STIE Bima mengajar mata kuliah Management Strategik menilai bahwa Kepemimpinan Walikota Bima H. Lutfi penuh dengan strategis sehingga berhubungan langsung dengan apa yang menjadi kehendak Publik.

Arrijal saat ini aktif juga mengajar di beberapa kampus lain seperti di Poltekkes Mataram dan sempat beberapa tahun di STKIP Taman Siswa Bima.

Arrijal menerangkan bahwa memang dalam kurun beberapa tahun terakhir ini bisa kita lihat pertumbuhan usaha-usaha yang ada di kobi sangat masif.

“Hal ini bisa kita lihat dari sepanjang jalur Soekarno Hatta, Gajah Mada, Gatot Soebroto dan jalur lain dapat kita temui berbagai bentuk usaha yg dibangun oleh masyarakat” ungkapnya.

Menurut Rijal, Sapaan Akrab Dosen muda ini, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sekarang sudah mampu melihat adanya peluang bisnis yang bisa mereka kembangkan. 

Terutama di sektor bisnis kuliner dan cafe-cafe dengan konsep menyediakan tempat tongkrongan menarik dengan desain retro ataupun modern shingga menarik minat masyarakat selaku konsumen unruk menikmati sajian kopi dan lainnya sekaligus menikmati suasana tempat ngopinya.

Sejak masa Pandemi covid-19 Rijal sempat beberapa kali ngobrol dengan beberapa pemilik cafe atau pemilik usaha. “Memang tidak dapat dihindari dampaknya sangat dirasa, seperti penurunan omset karena minimnya konsumen yang datang membeli atau karena diberlakukannya pembatasan jam beroperasi tempat usaha karen mengikuti prokes covid-19 sehingga berdampak juga pada omsetnya.

Hal ini memang patut disayangkan mengingat masyarakat sebagi pelaku UMKM sedang bergairah untuk membangun bisnis atau wirausaha, sehingga perlu adanya support scara komprehensif dari pemerintah melalui pihak terkait agar usaha mereka tidak sampai gulung tikar.

“Naik turunnya Perputaran ekonomi di Kota Bima juga salah satunya sumbernya dari wirausaha yang ada saat ini, shingga secara tidak langsug sektor bisnis atau wirausaha menjadi salah satu faktor penggerak roda perekonomian dan juga dapat membantu beban pemerintah dalam mengurangi pengangguran karena mereka mampu mempekerjakan masyarakat sebagai karyawan” Demikian ujar Rijal. (DM.004).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: