Kota Bima - Dinamika Mbojo, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Komponen Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terdiri atas dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan.

Sistem Penjaminan Mutu
Eksternal yaitu sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, lembaga akreditasi dan lembaga
standarisasi pendidikan.

Kegiatan ini diikuti Tim TPMPS, SDN 32, SD IT Insan Kamil yang dilaksanakan di Aula SMPN 4 Kota Bima. Sabtu (07/11/2020).

Fasilitator Daerah Zainuddin, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa Kegiatan bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Selanjutnya, Sistem penjaminan mutu pendidikan berfungsi sebagai pengendali penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Adapun Tugas Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah, Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu di tingkat satuan pendidikan. Melakukan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap pelaku pendidikan di satuan pendidikan dalam pengembangan penjaminan mutu pendidikan.

Melaksanakan pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data mutu pendidikan di satuan pendidikan, Melakukan monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan serta Memberikan rekomendasi strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.(DM.Red).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: