Kota Bima - Dinamikambojo, Membangun terminal kargo adalah solusi paling efektif untuk mengurai kesemrawutan angkutan barang khususnya truk - truk berbobot besar masuk jalan protokol di Kota Bima.


Gagasan itu disampaikan pengusaha angkutan, kini menjabat Ketua Organda Kota Bima, Muchsin Hamed saat bincang-bincang bersama Media dikantor Organda Kota Bima yang sebentar lagi akan diresmikan. "Solusinya, segera bangun terminal kargo," sarannya pada Pemkot Bima.

Kata DPC Organda, hal ini penting untuk mengatur jalur jalan bagi mobil angkutan barang khususnya berbobot besar. Adanya terminal kargo mobil-mobil besar tidak
akan lagi masuk ke jalur jalan protokol. usulnya.

Nantinya semua mobil angkutan barang wajib masuk dulu ke dalam areal terminal kargo. Selain mengatur lalulintas angkutan
barang juga pemerintah akan lebih mudah melakukan pengawasan terhadap semua produk yang beredar di daerah.

Tambah Muchsin, dengan adanya terminal kargo, ke depannya bukan saja soal mengatur angkutan barang. Paling utama adalah daerah bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ini karena setiap mobil barang masuk dikenakan tarif retribusi.

Selanjutnya dengan adanya terminal kargo tentu akan ada wilayah pengembangan ekonomi baru di Kota Bima. "Kalau ada terminal kargo kan akan banyak usaha kecil dan menengah (UMKM) yang berdagang di dalamnya," terangnya.

Meskipun pemerintah harus mengeluarkan anggarang untuk pembangunan terminal kargo, namun ada out put bagi pemerintah dan masyarakat jelas.

"Kami jajaran organda sudah menyampaikan gagasan itu
dan memang ada rencana organda menghadap pak Wali Kota Bima mendorong pembangunan terminal kargo kedepan," katanya. (DM.Red).

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: