Kota Bima - Dinamikambojo, Dinas Keternagakerjaan Kota Bima menggelar kegiatan sosialisasi Penempatan tenaga luar negeri program peningkatan kesempatan Kerja, Kamis (17/09) di Aula Kantor Kecamatan Mpunda. 

Kegiatan sosialisasi diikuti sebanyak 65 orang dari tiga  Kecamatan, yakni Kecamatan Mpunda, Raba dan Rasanae Timur. Dihadiri Oleh Asisten II Setda Kota Bima, Camat dan Lurah serta peserta sosialisasi.

Asisten II Setda Kota Bima, Hj. Rini Indriati menyampaikan Apresiasi pada dinas tenaga kerja Kota Bima yang telah menyelenggarakan kegiatan yang InsyaAllah sangat bermanfaat. Di Indonesia penempatan perlindungan TKI telah diatur dalam UU Nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia.

Dalam Undang - Undang ini, perlindungan pekerja migran indonesia adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan calon migran indonesia dan keluarganya, demi terwujudnya jaminan haknya dalam seluruh kegiatan sebelum pekerja mulai dari aspek hukum, ekonomi, sosial dan aspek kesehatan.

Sosialisasi yang kita laksanakan pada hari ini menjadi salah satu upaya memberikan informasi kepada para calon tenaga kerja indonesia mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat termasuk didalamnya hak dan kewajiban selama menjadi pekerja migran indonesia (PMI).

Lanjut disampaikannya, Tidak hanya persiapan mengenai keterampilan diri untuk bekerja di Negara lain, tetapi juga kesiapan fisik dan mental serta dukungan keluarga sebelum berangkat maupun setelah ada di negara tujuan. Merasa siap secara fisik dan mental saja tidak cukup, namun perlu pula dibarengi dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai sebagai bekal para TKI nantinya.

Oleh karena itu, Sosialisasi ini menjadi sangat penting dengan tujuan melindungan para tenaga kerja indonesia yang bekerja diluar negeri terutama untuk calon TKI baik jalur prosedural maupun non prosedural yang akan bekerja diluar negeri.

Salah satunya untuk mengurangi atau mengantisipasi insiden maupun dugaan kasus kekerasan terhadap para pekerja migran indonesia diluar negeri. 

Juga berpesan kepada masyarakat yang memilih untuk menjadi pekerja imigran indonesia (PMI) agar tidak melalui jalur ilegal, hanya karena iming-iming kemudahan prosedur dan kepada para peserta sosialisasi bisa menyimak materi yang disampikan dengan baik. (DM.002)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: