Kota Bima - Dinamikambojo, Dalam rangka  penanggulangan  pencegahan virus Covid-19 di Kota Bima Tim Penggerak PKK Provinsi NTB lakukan Road Show sekaligus Gebrak Pembagian Masker bersama Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongparajaan (IKPTK), bertempat di Lingkungan Sarata Kelurahan Paruga, Jum’at, 18 September 2020.

Hadir Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Suprtaman M.AP, Ketua TP-PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, Unsur FKPD Kota Bima, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Bima,  Ibu Dra. Hj. Sumintri Wido (Ibu dari Ketua TP PKK Provinsi NTB), Ketua IKAPTK Provinsi NTB, Camat, Lurah beserta Jajaran dari TP PKK Provinsi NTB, TP PKK Kota Bima.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kota Bima berserta PKK Kota Bima yang telah menerima dengan baik kehadiri PKK Provinsi beserta jajarannya.

“Kami hadir untuk daerah yang membutuhkan bukan untuk daerah yang telah berkembang dan bagus, sinergitas antara program pemerintah dengan PKK menjadi kunci dalam meningkatkan program kerja PKK," jelas Ketua TP PKK Provinsi NTB.

Dalam arahannya, Bunda Niken (Sapaan akrab Ketua TP PKK Provinsi NTB) menjabarkan kegiatan-kegiatan PKK, antara lain, Pokja Satu adalah bagaimana kegiatan pola asuh anak dan remaja bisa disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Efek dari pandemi Covid-19 bukan hanya pada kesehatan atau sisi ekonomi saja, tapi juga pada sisi sosial.

Para anak saat ini terpaksa harus belajar dari rumah, berada di rumah selama 24 jam dan belajar menggunakan handphone. Hal ini tentunya sangat memerlukan pengawasan orang tua, guna menghindari dampak negatif penggunaan telepon genggam sehingga dapat diminimalisir.

Selanjutnya, Pokja Tiga, membahas dan memberikan pembinaan terkait biopori di rumah-rumah. Hal ini merupakan tindak lanjut Visi NTB ‘Asri dan Lestari’ dengan program Zero Waste untuk melakukan pengolahan lebih lanjut dari sampah rumah tangga dengan pembuatan biopori di rumah masing-masing. 

Dengan adanya biopori ini mampu mencegah terjadinya banjir, membuat tanah lebih gembur dan subur ditanami. Kemudian, pada pokja Empat, PKK melakukan sosialisasi pengelolaan posyandu di masa pandemi Covid-19.

"Kita harapkan posyandu-posyandu tetap bisa berjalan dengan lancar, tentu saja dengan protokol Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bima yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Supratman M.AP mengapresiasi apa yang menjadi program Tim Penggerak PKK Provinsi NTB dimana Road Show dan Gebrak masker ini merupakan salah satu program cerdas yang memberikan sinergitas semangat untuk masyarakat.

"Sinergitas dan sinkronisasi antara program Pemerintah dengan program PKK menjadi ujung tombak keberhasilan program-program pada dinas teknis", ujar Asisten.

Diakhir sambutannya Asisten bidang Pemerintahan dan Kesos Setda Kota Bima menyampaikan upaya-upaya pemerintah dalam gerakan diversifikasi pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang dicanangkan oleh Dinas Ketahan Pangan Provinsi NTB.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya HM Lutfi menyampaikan bahwa Road Show HKG PKK ini merupakan kali pertama dalam masa adaptasi kebiasaan baru Pandemi Covid-19. 

Tujuannya, untuk mengetahui dan menyatukan pemahaman tentang peranan sektor/lembaga terkait dalam pengelolaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK dan upaya meningkatkan peran serta pemerintah dan swasta tentang penerapan fungsi keluarga.

"Untuk mencapai kesejahteraan keluarga, maka hal yang diperlukan adalah bagaimana mengerakkan segenap potensi, yaitu menggerakkan Kelompok - Kelompok PKK serta keluarga.

Oleh karena itu, melalui PKK bersama-sama meningkatkan SDM keluarga terutama para Ibu", jelas Umi Elly (Sapaan akrab, red).
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis bibit sayuran untuk Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) posyandu di 8 (delapan) KRPL Kelurahan binaan TP PKK Provinsi NTB, penyerahan Komposter dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB dan 4.500 masker dari IKAPTK Provinsi NTB.

Usai acara, Ketua TP PKK NTB, Ketua TP PKK Kota Bima, Kepala BKKBN NTB, Ketua IKAPTK NTB, Camat Rasanae Barat, Lurah beserta seluruh jajarannya turun langsung ke masyarakat dengan sama-sama berjalan untuk membagikan masker pada masyarakat. Dan peninjauan pelayanan KB di Posko Pelayanan KB. (DM.Hum)
 
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: