Lombok Utara - Dinamikambojo, 
Untuk mencapai target graduasi sejahtera mandiri, Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) RI, di Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki cara jitu. 


Melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diberdayakan dengan pelatihan Pembuatan Kain Eco print. Sabtu (15/08).

"Sekitar dua puluh (20) KPM PKH mendapat pelatihan pembuatan kain eco print dari Pendamping PKH," Ungkap Koordinator PKH Kabupaten Lombok Utara, Raden Zulkarnain S.Pd, Sabtu siang (15/8)


Menurutnya, tujuan Pendamping memberikan pelatihan keterampilan ini, sebagai upaya peningkatan kemampuan keluarga untuk lebih produktif di masa kekinian. 

Usaha eco print ini sangat prospektif untuk peningkatan ekonomi keluarga pra-sejahtera. Terampil dalam kreatifitas KPM dapat mendulang jumlah jumlah graduasi sejahtera mandiri di Desa setempat.

"Jika mereka sudah terampil. Maka bisa membiasakan diri untuk bangun usaha sendiri dalam jangka panjang. Bahkan bisa sejahtera mandiri," ujar Kader PMII Lombok Tengah ini.

Dikatakanya, pemberdayaan ini diinisiasi oleh Baiq Westi, S. Pd. Sebagai pendamping sosial setempat sangat telaten mengajarkan KPM dampinganya. Penerapan di lokasi pertemuan kelompok yang digelar minimal sekali dalam satu bulan tersebut, kerap kali diceritakam tentang pengembangan diri bagi KPM.

Untuk kemudian Bahan dan alat perlengkapan pelatihan sudah disiapkan dan dipraktekan langsung di lokasi. "Pelatihan kain batik eco print dengan bahan seadanya seperti daun jati dan daun jarak," beber Zul

 "Hasil kain eco print ini, biasanya untuk zilbab dan kebutuhan kaum wanita,"Imbuhnya

Dia menambahkan, selain keterampilan Eco Print. Pendamping lainnya sedang mengawal Kelompok usaha tani Kebaloan. Kelompok usaha binaan pendamping PKH Desa Sesait Kecamatan Kayangan, Saofi Fatonah SE. Mengembangkan potensi pertanian di sekitarnya yang dikembangkan dalam bentuk hydroponic. 

Sembari mengulas kondisi ekonomi di Lombok Utara pascagempa bumi tahun 2018 lalu. Zul sapaan akrab pria kelahiran tahun 1983 ini terus memacu semangat gerbong SDM PKH dibawah pengendaliannya. 

Pelaksanaan P2K2 adalah bahagian terpenting di Program ini. Instrumen program untuk mewujudkan keberlanjutan sosial dan ekonomi KPM PKH. (MD.pkh)

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: