Kota Bima – Dinamikambojo, Sambut HUT RI Ke-75 tahun 2020, Karang Taruna Gemini bersama Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Pane menggelar kegiatan pengobatan gratis, donor darah dan senam sehat Minggu, 30 Agustus 2020 di lapangan Volly Ball Kelurahan Pane.


Sebelum mendonorkan darah dan pemeriksaan kesehatan para peserta diharuskan mengisi formulir yang disediakan oleh UTD RSUD Bima dan anggota PMI untuk diketahui riwayat penyakitnya.

Ketua Karang Taruna Gemini Kelurahan Pane dalam sambutanya menguraikan, bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah itu merupakan wujud kepedulian dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-75 di tengah pandemi Corona saat ini.

“Ini sebagai wujud kepedulian Karang Taruna dan TSBK dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Bima lewat RSUD Bima, pemerintah kecamatan Rasanae Barat, pemerintah kelurahan Pane, Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) kota Bima dan PMI serta Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

“Allhamdulilah antusias masyarakat lakukan donor darah dan pemeriksaan kesehatan begitu tinggi, sehingga pelaksanaan berjalan sukses dan lancar,” katanya.

Ia pun mengucapkan banyak terimakasih kepada RSUD Bima, pemerintah Kecamatan Rasanae Barat, pemerintah Kelurahan Pane, Ketua FPKT Kota Bima dan PMI serta BSMI, Pink Studio, Hj. Lola Laswita, RT, RW, Babinsa, Bhabinkabtimas jajaran TSBK, Karang Taruna para donator dan elemen masyarakat Pane yang telah membantu demi mensukseskan acara tersebut.

Ketua TSBK kelurahan Pane Suryadin menambahkan, disamping memeriahkan moment HUT RI Ke-75 kegiatan ini juga bertujuan untuk sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 dan juga memberikan sedikit jaminan kesehatan kepada masyarakat Pane khususnya di masa pandemi Covid-19. 

Kebutuhan darah di wilayah Bima pada umumnya sangat tinggi, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa mengimbangi kebutuhan tersebut. Ucap Ketua PMI Bima Rusdin.

Kegiatan ini diapresiasi oleh masyarakat setempat terlebih lagi Camat Rasanae Barat Hj. Suharni SE menyampaikan kegiatan - kegiatan seperti ini sudah semestinya menjadi skala prioritas dan dilakukan disetiap kelurahan bahkan bila perlu di tiap lingkungan apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti yang tengah kita hadapi sekarang ini.

“Sampai dengan hari ini, pemerintah daerah kota Bima terus berupaya mencegah paparan wabah Covid-19 seperti beberapa waktu lalu oleh Wali Kota mengeluarkan Perwali No. 49 Tahun 2020 sebagai pedoman pelaksanaan dalam upaya pencegahan dan pengawasan wabah Covid-19,” katanya

Ia pun mengajak elemen masyarakat Pane untuk bersama-sama membantu pemerintah dengan mensukseskan setiap kegiatan dan program yang telah dicanangkan terutama dalam memutus mata rantai wabah Covid-19."Semoga wabah Covid-19 cepat punah, sehingga kita semua bisa kembali beraktifitas dengan normal," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kota Bima Diah Citra Pravitasari yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Karang Taruna Kelurahan.

“Karang Taruna Kota Bima mendukung sepenuhnya kegiatan sosial seperti ini. Dengan harapan mampu menumbuhkembangkan karang taruna Kelurahan sehingga bisa eksis di berbagai kegiatan sosial lainnya,” jelasnya.

Dae Dita sapaanya, para warga sangat antusias dalam kegiatan bakti sosial donor darah tersebut. Selain itu, banyak pula warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang sudah disediakan oleh panitia.

“Kami merasa bangga karena antusias masyarakat begitu tinggi. Dan mudah-mudahan pemeriksaan kesehatan dan donor darah ini bermanfaat untuk masyarakat dan orang lain,” katanya.(MD.002).
Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: