Bima - Dinamikambojo, Kabupaten Bima memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sentra buah-buahan. Selama ini, banyak jenis buah-buahan di Bima yang didatangkan dari luar.


Kenyataan itu membuat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Aminurlah, SE, gundah. Padahal buah-buahan yang masuk ke Bima bisa dikembangkan dan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita punya wilayah-wilayah yang sangat cocok untuk mengembangkan tanaman buah-buahan. Selama ini kita tidak melirik itu,”  ujarnya.

Wilayah Sape, Lambu, Parado, Wawo, Langgudu, Madapangga dan lainnya bisa dikembangkan berbagai jenis tanaman buah-buahan. Misalnya, durian, rambutan, alpukat, dan lainnya.

Dicontohkannya, saat berkunjung beberapa waktu lalu ke salah satu perkebunan durian di Lombok, cukup prospek di kembangkan di Bima. Secara ekonomi juga sangat menguntungkan.

“Bayangkan satu pohon durian Bangkok yang belum matang, sudah dibeli oleh orang senilai 15 juta rupiah,” ungkapnya.

Maman, sapaannya, berharap,  Pemerintah Kabupaten Bima, dapat melirik pengembangan buah-buahan, untuk mendorong kesejahteraan petani. Serta mengurangi ketergantungan konsumsi buah yang didatangkan dari luar.

Axact

Dinamika Mbojo

Portal Berita Daerah Bima dan NTB yang mengulas Geliat Pembangunan Pemuka dan Tokoh Masyarakat

Post A Comment:

0 comments: